Selasa, 01 Januari 2013

Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yaitu kabel pasangan yang berpilin merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat jaringan local (LAN) karena harga yang terjangkau tetapi juga cukup bisa diandalkan. Fungsi lilitan/belitan pada kabel utp yaitu untuk menghilangkan efek induksi antara kabel satu dengan kabel yang lainnya. Bentuk dari kabel utp dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Kabel UTP dibedakan dalam 7 kategori dimana dalam setiap kategori memiliki kemampuan transmisi data yang berbeda-beda. Kemampuan transmisi data yang dimiliki setiap kategori dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Kategori
Kegunaan
Category 1 (Cat 1)
Untuk komunikasi telepon
Category 2 (Cat 2)
Untuk menstransmisikan data hingga 4 Mbps
Category 3 (Cat 3)
Untuk menstransmisikan data hingga 10 Mbps
Category 4 (Cat 4)
Untuk menstransmisikan data hingga 16 Mbps
Category 5 (Cat 5)
Untuk menstransmisikan data hingga 100 Mbps
Category 5e (Cat 5e)
Untuk menstransmisikan data hingga 1000 Mbps
Category 6 (Cat 6)
Mendukung transmisi di frekuensi 250 MHz
Category 7 (Cat 7)
Mendukung transmisi di frekuensi 600MHz

Dalam pemasangan kabel UTP untuk jaringan lokal (LAN), terdapat dua jenis yaitu straight through cable dan cross over cable. Susunan warna pada kabel UTP juga ada dua jenis yaitu T568A dan T568B.



1.       Kabel straight
Kabel straight merupakan cara pemasangan kabel UTP yang mana pada kedua ujung kabel susunannya sama. Kabel stright digunakan untuk menghubungkan 2 buah perangkat yang berbeda. Misalnya untuk menghubungkan antara komputer dengan switch, menghubungkan switch dengan router. Susunan untuk kabel straight yang sering digunakan yaitu jenis T568B.



2.       Kabel cross
Kabel cross merupakan cara pemasangan kabel UTP yang mana susunan kabelnya berbeda antara ujung 1 dengan ujung ke 2, jika ujung 1 disusun dengan T568B maka ujung yang kedua disusun dengan T568A. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama/ sejenis. Misalnya untuk menghubungkan 2 buah PC, menghubungkan 2 buah switch, menghubungkan 2 buah hub, menghubungkan PC dengan router.



Untuk lebih lengkapnya lagi silahkan langsung aja klik disini.





 
;